Baca Berita

Suara Hati Jango Pramartha, Majalah Kartun Bog-bog, untuk Denpasar sebagai Kota Pusaka

Oleh : denpasarheritage | 08 Agustus 2016 | Dibaca : 924 Pengunjung

Pemilihan Denpasar sebagai Tuan Rumah penyelenggaraan “2nd OWHC Asia-Pacific Strategic Meeting for World Heritage Cities” sangat membanggakan. Tentunya penetapan tersebut dilakukan melalui banyak pertimbangan dan saingan untuk menjadi tuan rumahnyapun tidaklah sedikit.

Para kartunis, yang tergabung dalam Majalah Kartun Bog-bog, juga merasa bangga dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan menyuarakan kritikannya dengan cara yang jenaka, yaitu dengan menampilkan 34 lukisan karikatur, melalui pameran yang bertajuk “HERITAGE NOTE, Cartoon Exhibition”. Pamerannya sendiri digelar di loby Hotel Grand Inna Bali Beach, dari tanggal 7 sd 10 Agustus 2016.

Keseluruhan karikatur yang ditampilkan tersebut sepertinya menyuarakan kegelisahan pelukisnya akan keadaan yang terjadi saat ini, baik karena ekses dari pembangunan, kemajuan teknologi maupun harapan dari penyelenggaraan pertemuan tersebut.

Pesan-pesan yang disampaikan melalui karikatur tersebut, sebenarnya merupakan kritikan yang tajam, namun karena disajikan dengan jenaka, kita bisa menikmati kritikan tersebut dengan tersenyum sembari mengiyakan pesan yang disampaikan.

Sebagaimana dikatakan oleh Jango Pramartha, saat ditemui disela-sela pameran, tanggal 7 Agustus 2016, yaitu, “Jaman sekarang ini, pendekatan ke anak muda yang paling ampuh adalah melalui media visual, salah satunya adalah kartun. Kami tidak hanya mengkritik, tetapi juga memberikan solusi.”


Oleh : denpasarheritage | 08 Agustus 2016 | Dibaca : 924 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Foto
Seni, Tradisi, Sastra
Video
Explore Denpasar
Facebook
Twitter