Baca Berita

Istri Delegasi Penasaran Belajar Menenun Endek

Oleh : denpasarheritage | 08 Agustus 2016 | Dibaca : 512 Pengunjung

Disaat para pemimpin delegasi Organization World Haritage Cities (OWHC) sedang melakukan pertemuan di Bali Beach Sanur, istri Walikota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra mengajak istri-istri peserta delegasi untuk mengikuti acara Ladies Program antara lain mengunjungi usaha mikro, kecil dan menengah yang ada di Kota Denpasar seperti Perawatan Kecantikan Tradisional Bali Alus, Kerajinan Tenun Ikat Endek Sekar Jepun. Tampak istri-istri delegasi sangat antusias belajar menenun Endek dengan menggunakan alat tradisional tenun Bali.

Kegiatan belajar menenun itu berlangsung di Endek Sekar Jepun yang beralamat di Jalan Sekar Jepun I No.6 Gatot Subroto Timur Denpasar Bali. Sedangkan Bali Alus berlokasi di Jl. Wibisana Barat No 100 Denpasar. Peserta mulai kunjungan mulai dari pukul 08.00 Wita, Senin (8/8).

Di dalam sesi ladies program itu, , Ny. IA Selly D. Mantra memperkenalkan produk-produk UMKM yang ada di Kota Denpasar. Beberapa di antaranya adalah Tenun Ikat Endek dan Home Spa Bali Produk yang dipamerkan proses pembuatannya dimasing-masing lokasi umkm.

Ketika mampir di Endek Sekar Jepun, Ny. Sellymendemonstrasikan cara menenun tenun ikat Endek. Istri Wakil Walikota Gyeongju Koreajadi tertarik dan ikut mencoba menggunakan alat tradisional tenun dan membuat satu model endek yang menjadi ciri khas Kota Denpasar. Tampak juga istri delegasi Medan, Aceh dan Jambi antusias memperhatikan pewarnaan tenun ikat yang dilakukan secara  tradisional.                    

Sebelum mengunjungi UMKM Ny. Selly mengajak para isteri delegasi mengunjungi sekolah Pusat Layanan Autis yang ada di Kota Denpasar. Hal ini untuk lebih memperkenalkan bahwa Pemerintah Kota Denpasar sangat peduli terhadap anak-anak termasuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Konferensi Strategic Meeting Organitation World Heritage City (OWHC) Asia Pasifik di Kota Denpasar yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 7-9 Agustus di Grand Bali Beach Sanur. Konfrensi ini dihadiri langsung 41 Walikota dari 9 negara jaringan kota pusaka se Asia Pasifik dan Penglingsir Puri di Bali. 


Oleh : denpasarheritage | 08 Agustus 2016 | Dibaca : 512 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Video
Pesona Indonesia (Denpasar Heritage)
Facebook
Twitter